dicantikalami.com

9 Tips Ampuh Mengatasi Jerawat Hormon dengan Mudah dan Cepat

Sebenarnya jerawat hormon cenderung tidak perlu Anda khawatirkan secara berlebihan, karena sebenarnya ketika hormonya kembali normal, jerawat barupun tidak akan muncul lagi. Namun begitu, sangat penting bila Anda melakukan pencegahan sedini mungkin untuk meminimalkan pembentukan jerawat dan dampak negatif setelahnya, seperti terbentuknya bekas jerawat.

Anda pasti sudah memahami penyebab jerawat. Kondisi yang sangat subur bagi perkembangan bakteri penyebab munculnya jerawat (p.acnes) adalah ketika produksi minyak di kulit Anda berlebihan, dan ditambahkan dengan banyaknya penumpukan sel kulit mati.

Semakin sukses perkembangan p.acnes maka semakin sukses juga perkembangan jerawat. Terdapat satu faktor yang menyebabkan produksi minyak di kulit Anda menjadi berlebihan daripada biasanya, yaitu aktifnya hormon adrenalin yang mengeluarkan testosteron. Jerawat yang timbul di masa inilah yang biasa kita sebut sebagai jerawat hormon.

Perlu Anda ketahui bahwa peningkatan hormon tidak terjadi hanya pada saat Anda menstruasi saja, melainkan perubahan gaya hidup juga akan sangat berpengaruh. Seperti kurangnya jam tidur, stres, penggunaan pil KB hormon, atau bisa juga perpindahan Anda ke negara lain yang iklimnya sangat berbeda dengan negara asal.

Karena penyebab perubahan hormon ada beberapa, makanya kita akrab sekali dengan sebutan jerawat saat menstruasi, jerawat KB, dan jerawat karena stres.

Berikut adalah 9 tips untuk mencegah dan meminimalkan pembentukan jerawat yang diakibatkan oleh hormon. Sangat mudah dan singkat untuk melakukannya, sehingga mempermudah Anda yang setiap harinya penuh dengan aktivitas.

Tidur yang cukup dan hindari stres

Ada kondisi dan waktu tertentu yang dipastikan terjadi peningkatan hormon, Anda tidak bisa menghindarinya, seperti saat menstruasi, saat bepergian ke negara yang beda iklim, ataupun saat Anda memang harus menggunakan pil KB hormon.

Cara terbaik untuk meminimalkan terjadinya peningkatan hormon adalah kendalikan faktor pencetus lainnya, yaitu jam tidur dan stres. Kelola emosi Anda dalam beraktivitas, baik dalam pekerjaan ataupun di dalam rumah. Perbanyak juga jam tidur melebihi kebiasaan Anda sehari-hari, 7-8 jam per hari adalah waktu  yang ideal.

Minum air putih lebih banyak daripada biasanya dan hindari makanan berlemak

Faktanya ada banyak fungsi minum air putih, akan sangat menyehatkan kulit Anda. Hidrasi yang cukup, akan sangat penting bagi seluruh organ tubuh agar dapat berfungsi secara optimal. Kulit merupakan bagian terbesar dari tubuh Anda, dengan minum banyak air putih dan terhidrasi dengan baik, tentunya akan mendukung fungsi-fungsi dari organ kulit.

Perubahan pola makan sedikit saja akan sangat berpengaruh pada perubahan jenis minyak dan sebum pada kulit. Begitu juga halnya dengan hidrasi, bila kulit dehidrasi atau kekurangan air, maka jerawat akan lebih lama terkikis, karena kandungan minyak dan sebum lebih mendominasi.

Sangat penting untuk menjaga keseimbangan antara kadar air dan minyak pada kelenjar kulit Anda. Oleh karena itu, hindari makanan berlemak dan perbanyak minum air putih selama masa aktif perubahan hormon.

Olah raga 10 menit setiap hari

Olah raga dengan teratur dan durasi yang cukup, akan sangat membantu pori-pori Anda mampu bernafas dengan baik. Aktivitas ini memungkinkan pori-pori Anda secara leluasa mengeluarkan kotoran-kotoran yang ada di bawah kulit. Bisa jadi kotoran tersebut tertimbun dan tidak bisa keluar hanya dengan mencuci muka.

Jika waktu Anda sangat terbatas, olahraga Tabata adalah salah satu alternatif olahraga yang sangat saya rekomendasikan. Anda bisa melakukannya di rumah, cukup hanya 10 menit saja. Jika Anda mampu dan memiliki waktu lebih banyak, tidak ada salahnya jika menambahkan durasinya.

Cuci wajah 2x setiap hari dengan sabun wajah yang mampu menyerap minyak lebih banyak

Ada yang beranggapan bahwa semakin sering cuci muka maka hasilnya akan semakin baik, ini adalah pendapat yang salah. Semakin sering mencuci muka akan membuat kulit wajah Anda akan semakin sensitif dan berpotensi sebagai tempat tumbuh p.acne. Jadi cuci mukalah 2 kali setiap hari, yaitu di pagi hari setelah bangun tidur dan malam hari sebelum tidur.

Jangan gunakan sembarang sabun muka, namun pilih sabun muka yang mampu menyerap minyak lebih banyak daripada biasanya. Anda bisa kembali menggunakan sabun muka yang biasa Anda pakai ketika hormon sudah kembali stabil.

Lakukan exfoliansi kulit

Kulit sebagai salah satu organ, memiliki sistem metabolisme yang sudah teratur. Sel baru terus terbentuk dan menyebabkan sel lama menjadi mati. Semakin bertambahnya usia, sel kulit mati Anda akan membutuhkan bantuan agar bisa terlepas dan tidak mengakibatkan terjadinya penumpukan.

Lakukan exfoliansi secara teratur pada kulit yang tidak berjerawat sebanyak 2 kali setiap minggu.

Sesuaikan produk exfoliansi dengan jenis dan kondisi kulit Anda. Kondisi tertentu, saat terjadi peningkatan hormon, gunakan produk exfoliansi yang mengandung Alpha Hydroxy Acid (AHA). AHA adalah kelompok asam yang berasal dari tanaman. Anda juga bisa menggunakannya lebih sering daripada hari-hari biasanya.

Tea tree oil

Minyak pohon teh dipercaya mampu mengatasi peradangan, salah satunya adalah jerawat. Dikutip dari penelitian membuktikan bahwa lima persen kadungan tea tree oil mampu mengatasi gejala jerawat ringan hingga sedang.

Anda bisa mendapatkan tea tree oil dalam banyak produk perawatan. Biasanya ada di dalam sabun muka ataupun krim perawatan harian.

Lidah buaya

Manfaat lidah buaya untuk kulit dan jerawat sudah sangat populer.

Vitamin, mineral, dan antioksidan yang terdapat di lidah buaya mampu meredakan peradangan dan mempercepat penyembuhan kulit, termasuk jerawat. Lidah buaya juga mengandung banyak zat aktif yang mampu membunuh bakteri jerawat yang menyerang kulit Anda, diantaranya adalah polisakarida dan hormon goberelin.

Apabila Anda memiliki waktu yang cukup banyak, Anda bisa menggunakan tumbuhan lidah buaya secara langsung. Namun apabila tidak memungkinkan, Anda bisa menggunakan produk-produk ekstrak lidah buaya yang sangat praktis penggunaanya.

Tea green

Kandungan antioksidan di dalam tea green (teh hijau) sangatlah tinggi sehingga mampu untuk mengatasi peradangan di dalam tubuh. Kemampuan tubuh untuk melawan radikal bebas termasuk bakteri, sangat tergantung berapa banyak kadar antioksidan di dalam tubuh Anda.

Saat ini teh hijau bisa Anda dapatkan dalam beberapa bentuk, seperti minuman ataupun kapsul. Selain untuk dikonsumsi, Anda juga dapat mengoleskannya secara langsung pada titik jerawat, seperti halnya menggunakan masker. Sesuaikan saja yang paling mudah dan nyaman untuk Anda.

Totol jerawat

Totol jerawat pereda jerawat  wajib digunakan sedini mungkin, sejak tanda-tanda munculnya jerawat mulai terasa. Penggunaan totol jerawat ini diprioritaskan untuk menjaga agar jerawat yang muncul saat hormon Anda tidak seimbang tidak akan meninggalkan bekas jerawat sama sekali.


Free e-Book Nu Skin

Anda membutuhkan e-book katalog mini produk Nu Skin? Silahkan menghubungi kami dengan menekan tombol berikut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!