dicantikalami.com

PERHATIAN! Ini Cara yang Benar Menggunakan Masker

Masker berperan besar dalam usaha Anda untuk bisa mendapatkan kualitas kulit wajah yang diidamkan. Kulit yang sehat tanpa masalah, cerah, bebas jerawat, bebas kerutan, bebas flex, kencang, kenyal, dan awet muda. Ini sebabnya mengapa Anda rela meluangkan waktu khusus untuk menggunakan masker.
Setelah sekian lama rutin menggunakan masker sebagai perawatan mingguan, apakah Anda sudah mendapatkan hasil sesuai keinginan?
Jika belum, bisa jadi cara yang Anda gunakan selama ini belum tepat. Saya akan memberikan panduan untuk mempermudah Anda agar bisa bisa menggunakan masker dengan benar dan mendapatkan hasil sesuai dengan yang diinginkan.

Bila kulit tidak memiliki masalah khusus, maka pilih masker sesuai dengan jenis kulit
Ada lima jenis kulit wajah, kering, normal, berminyak, kombinasi, dan sensitif. Jika Anda masih bingung dengan jenis kulit, silakan baca lebih dulu jenis tipe kulit.
Ada banyak pilihan masker wajah yang bisa disesuaikan dengan jenis kulit wajah Anda, jadi Anda tidak perlu kuatir akan kesusahan untuk mendapatkannya. Gejala tidak nyaman akan muncul ketika Anda menggunakan masker wajah yang tidak sesuai dengan jenis kulit yang seharusnya. Dampak buruknya bisa menciptakan masalah pada kulit yang sebelumnya tidak ada.
Ketika jenis kulit wajah Anda tipe kering, kemudian menggunakan masker untuk tipe kulit berminyak, maka kulit akan menjadi semakin kering dan dehidrasi. Begitu juga sebaliknya, bila tipe kulit Anda berminyak kemudian menggunakan masker untuk tipe kulit kering, ada kemungkinan besar setelah itu kulit Anda akan berjerawat.
Jadi apabila awalnya kulit tidak memiliki masalah khusus kemudian setelah penggunaan masker muncul masalah, maka cek ulang apakah masker yang dipakai sudah sesuai dengan jenis kulit. Perlu Anda ketahui, ada juga masker yang bisa digunakan untuk semua jenis kulit, untuk masker seperti ini, Anda tidak perlu kuatir karena dapat dipakai untuk semua tipe kulit.

Bila kulit memiliki masalah khusus, maka pilih masker sesuai dengan jenis kulit dan masalahnya
Masalah khusus itu sendiri adalah jerawat, keriput, flex, pori-pori besar, kusam, bopeng dan bekas jerawat, komedo, kendor.
Saat ada beberapa pilihan masker, maka yang pertama dipilih adalah yang sesuai dengan jenis kulit. Bisa jadi Anda akan menemukan lebih dari satu macam masker. Berikutnya dari pilihan yang sudah didapat, tentukan pilihan utama pada masker yang bermanfaat untuk mengatasi masalah khusus kulit Anda.
Bila tipe kulit Anda berminyak dan bermasalah dengan jerawat, maka pilih masker yang digunakan untuk kulit berminyak dan berjerawat. Jangan gunakan masker untuk jenis kulit kering dan berjerawat.


Gunakan beberapa masker untuk tipe kulit kombinasi
Ada dua jenis kulit di dalam satu wajah untuk tipe kulit kombinasi, area T biasanya berminyak, sedangkan area pipi kering. Jika Anda menggunakan satu macam masker saja maka akan terjadi kesalahan.

Gunakan dua jenis masker secara bersamaan. Untuk daerah T gunakan masker yang mampu menyerap minyak dengan efektif, sedangkan untuk area pipi gunakan masker yang mempu secara maksimal menghidrasi kulit.


Bersihkan wajah sebelum menggunakan masker
Langkah pertama saat akan menggunakan masker adalah bersihkan wajah Anda terlebih dahulu. Sesuaikan sabun wajah ataupun susu pembersih wajah dengan tipe kulit Anda, apakah untuk kulit kering, kulit normal, kulit berminyak, kulit kombinasi, maupun kulit sensitif.


Lakukan exfoliansi setelah membersihkan wajah
Fungsi dari exfoliansi adalah untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan membersihkan pori-pori kulit Anda dari kotoran dengan maksimal. Kulit yang bersih dari kuman dan bebas dari sel kulit mati akan mampu menyerap kandungan produk yang digunakan jauh lebih banyak.
Jangan sembarang menentukan produk exfoliansi, Anda harus melihat kondisi kulit pada saat itu, bagaimana struktur lapisan kulitnya dan ada tidaknya jerawat. Kedua hal tersebut menjadi pertimbangan untuk menentukan produk exfoliansi seperti apa yang bisa digunakan. Bisa jadi scrub, peeling, ataupun AHA.


Aplikasikan masker dengan kuas yang lembut
Untuk menjaga keamanan kulit dan kebersihan masker yang akan dipakai, jangan gunakan kuas yang kasar untuk mengaplikasikan masker, apalagi jari-jari tangan. Pilih kuas yang lembut dan terjamin kebersihannya. Aplikasikan masker dari dagu ke arah atas, menuju tepian rambut.


Cek suhu air yang digunakan untuk mengangkat masker
Ada dua pendapat mengenai suhu air yang digunakan untuk mengangkat masker, hangat atau biasa (dingin). Keduanya benar asalkan Anda tahu sifat dari masker yang Anda pakai.
Ada satu manfaat yang hampir dimiliki oleh semua masker, yaitu manfaat pengencangan.
Untuk masker yang memang kuat melekat di kulit, maka Anda bisa menggunakan air hangat. Akan jauh lebih baik apabila Anda menggunakan handuk lembut yang sudah direndam air hangat kemudian tepuk pelan-pelan pada masker yang ingin diangkat. Cara ini berfungsi untuk menghindarkan kulit Anda dari cidera. Kemudian bilas ulang dengan menggunakan air biasa atau dingin.
Namun jika masker yang Anda gunakan mudah untuk dibersihkan, maka dari awal silakan Anda gunakan air biasa atau air dingin. Penggunaan air dengan suhu biasa atau dingin di bilasan terakhir berfungsi untuk menutup kembali pori-pori kulit Anda yang sempat terbuka pada saat proses exfoliansi sebelum penggunaan masker.


Gunakan toner setelah masker
Setiap kali kulit wajah Anda dibersihkan, baik menggunakan sabun, susu pembersih, maupun scrub, pasti keseimbangan PH kulit menjadi tidak seimbang. Sedangkan salah satu ciri dari kulit sehat adalah memiliki PH alami normal. Karenanya Anda wajib mengembalikan PH alami kulit dengan penggunaan toner.
Perlu Anda pahami bahwa toner bukanlah pembersih, banyak orang yang salah dalam hal ini. Pilih toner sesuai dengan jenis kulit Anda, kering, berminyak, normal, kombinasi, atau sensitif.

Posisi tidur saat menggunakan masker
Seperti apa yang tadi sudah dikupas di bagian awal, hampir semua masker memiliki fungsi untuk mengencangkan kulit wajah. Pengencangan tentu saja pasti arahnya ke atas, ini tidak akan maksimal ketika Anda menggunakan masker dengan posisi duduk atau berdiri. Gravitasi bumi akan menarik kulit wajah Anda ke bawah, bukan ke atas.
Demikian panduan mudah yang bisa saya berikan kepada Anda agar kegiatan masker yang Anda lakukan mampu memberikan manfaat yang maksimal, kulit sehat dan cantik yang diidamkan. Selamat mencoba…


Free e-Book Nu Skin

Anda membutuhkan e-book katalog mini produk Nu Skin? Silahkan menghubungi kami dengan menekan tombol berikut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!